BLANTERWISDOM101

Website Demografi Penduduk Menyediakan Wawasan Mendalam oleh Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata

Selasa, 26 Maret 2024

Website Demografi Penduduk Menyediakan Wawasan Mendalam


Dusun Krebet, sebuah permukiman pedesaan yang subur, telah menjadi rumah bagi sekitar 950 jiwa yang hidup dalam lima RT yang berbeda. Keberadaan mereka menciptakan keragaman sosial dan ekonomi yang menarik untuk dijelajahi. Untuk memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kehidupan di dusun ini, sebuah inisiatif inovatif telah diluncurkan: sebuah website demografi penduduk.

Tujuan utama dari pembuatan website demografi penduduk Dusun Krebet adalah untuk menciptakan platform yang interaktif dan informatif bagi penduduk setempat, pemerintah daerah, dan peneliti untuk memahami struktur dan dinamika populasi.

Pembuatan dashboard demografi adalah langkah yang efektif dalam merangkum data yang kompleks dan mempresentasikannya secara visual agar dapat dengan mudah dipahami oleh pemangku kepentingan dan masyarakat setempat. Berikut adalah beberapa komponen yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan dashboard demografi Dusun Krebet:

  1. Diagram Batang Komposisi Jenis Kelamin: Grafik ini akan membantu mengilustrasikan distribusi usia penduduk dan perbandingan antara jumlah pria dan wanita dalam populasi. 
  2. Grafik Pie Pekerjaan: Dalam diagram ini, pekerjaan penduduk dapat dibagi menjadi kategori seperti buruh tani lepas, karyawan swasta, wiraswasta, dan lainnya, memberikan gambaran visual tentang diversifikasi ekonomi di dusun.
  3. Grafik Pie UMKM: Dalam diagram ini menunjukkan UMKM apa saja yang ada pada Dusun Krebet, Sendangsari – Pajangan.

Dengan adanya website demografi penduduk, Dusun Krebet mengambil langkah maju dalam mewujudkan transparansi, partisipasi masyarakat, dan pembangunan yang berkelanjutan. Ini adalah contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk menghubungkan, memberdayakan, dan memajukan masyarakat pedesaan di era digital.

Share This :

0 komentar