Artikel

Pokdarwis Krebet Binangun Juara I Lomba Pokdarwis DIY Tahun 2017


Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Krebet Binangun, setelah berjuang keras akhirnya membuahkan hasil yang diharapkan dengan menjadi juara 1 lomba Pokdarwis Tingkat DIY yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY di Pantai Baru Poncosari Srandakan Bantul, Rabu (22/3/2017) jam 10.00 Wib.

Keberadaan Pokdarwis sangat mendukung keberadaan dan kemajuan suatu Desa Wisata. Karena Pokdarwis bertugas untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memanfaatkan potensi Pariwisata Desanya. Pokdarwis harus mengerti dan melakukan tindakan nyata untuk mewujudkan Sapta Pesona Pariwisata, yakni Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan. Pokdarwis harus lebih fokus kepada penerapan sapta pesona dan SDM-nya. Sedangkan dalam Promosi atau ‘berjualan’ menjadi tanggung jawab pengelola Desa Wisata. Keberdaan Pokdarwis dan Desa Wisata tidak dapat dipisahkan.

Dalam acara itu juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata DIY, Ir Aris Riyanta MSi, Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Jati Bayu Broto, Camat Srandakan Sukirna, Komadan Koramil 17 Sradakan Kapten Inf Diya S.Sementara tim Juri terdiri, Drs Octo Lampito MPd, Drs Setyawan KE MM, Henry Brahmantya S Ant, Drs Herman Tony, Imam Widodo, Boby Ardiyanto Setya Ajie. Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta mengatakan, Pokdarwis merupakan terstrategis dalam mendorong kemajuan sektor wisata. Selain itu pengurus Pokdarwis dituntut profesional inovatif dan kreatif.
Peserta Lomba Pokdarwis Tingkat DIY yang maju ke grand final yakni, Pokdarwis Jelok Kab. Gunung Kidul, Pokdarwis Tegalrejo Kota Yogjakarta, Pokdarwis Sermo Kab. Kulon Progo. Pokdarwis Krebet Binangun Kab Bantul, Pokdarwis Pantai Baru Kab. Bantul dan Pokdarwis Rumah Dome Kabupaten Sleman. Dalam Grand final ini dilakukan penilaian mengenai penampilan, kekompakan, perlengkapan lomba berupa kentongan, yel yel dan cepat tepat menjawab soal/pertanyaan dari tim Juri.

Setelah mengikuti serangkaian penialaian akhirnya tim Juri yang diketuai Ir Condroyono resmi mengumumkan hasil grand final lomba Pokdarwis ini. Pokdarwis Krebet Binangun menjadi juara I diikuti juara 2 Pokdarwis Tejo Kawentar Tegalrejo Yogyakarta dan juara 3 Pokdarwis Sermo Hargo Wilis Kulon Progo. Sebagai juara harapan 1 Pokdarwis Rumah Dome Prambanan Sleman disusul juara harapan 2 Pokdarwis Pantai Baru Poncosari Bantul dan juara harapan 3 Pokdarwis Dewi elok Beji Patuk Gunung Kidul. Sementara Ir Condroyono mengungkapkan, sebuah obyek wisata harus terus berinovasi agar wisatawan ketagihan berkunjung. Jika tanpa inovasi tentunya tidak akan berkembang. Karena pada dasarnya wisatawan menginginkan sesuatu yang baru. Condroyono juga mengatakan pemenang dalam lomba kali ini jangan terlalu bangga. Karena harus melakukan serangkaian persialan menghadapi lomba tingkat nasional. Dalam melakukan penilaian, juri berpegang pada ketentuan yakni, adiministrasi (30%), verifikasi lapangan (40%), final (20%) serta penampilan (10%).

“Terimakasih bapak/ ibu/ Sdr warga masyarakat Krebet semuanya. Atas dukungan dan ucapan selamat yang telah diberikan untuk kami. Tentunya kejuaraan ini bukan suatu akhir dari perjalanan. Namun menjadi motivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi. Dan kita persiapan maju Lomba Pokdarwis Tingkat Nasional”, ujar Ketua Pokdarwis Krebet Binangun Sdr. Yulianto. (Copas : Sihumas Polsek Pajangan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Desa Wisata Krebet Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.