BLANTERWISDOM101

Mengintip Kegiatan Minggu Pertama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Universitas Alma Ata di Dusun Krebet

Sabtu, 16 Maret 2024

 Langkah nyata menuju kemajuan: KKN-T Mahasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta di Kelurahan Sendangsari di Minggu Pertama

KKN-T Krebet Kelompok 1 Sendangsari 

Minggu 1

Kamis, 1 Februari 2024

   Pada KKN-T tahun ini mengusung tema “Peningkatan Kesehatan Keluarga dan Optimalisasi Potensi Daerah Melalui Literasi Digital”. Dalam acara Penerjunan Mahasiswa yang berlangsung di Kantor Kelurahan Sendangasri yang melibatkan beberapa tokoh penting antara lain Pak lurah dan jajaran para dukuh dusun yang ada di Sendangsari. Kemudian Mahasiswa Universitas Alma Ata diserahkan kepada kepala Dusun Krebet Bapak Kemiskidi yang dihadiri oleh: Bapak Durori, S.Pd, yang menjabat sebagai Kepala Kaluruhan Sendangsari, Bapak Adhi Gunawan, M. Farm., Apt, yang menjabat sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

    Setelah penerjunan di Kantor Kelurahan, malamnya Mahasiswa KKN-T melakukan pertemuan dengan beberapa tokoh penting seperti ketua RT, kader kesehatan dan PKK di pendopo rumah bapak dusun untuk membahas dan memaparkan beberapa program kerja yang telah dibuat.

Jumat, 2 Februari 2024

    Pada hari kedua tepatnya hari Jumat pagi, Mahasiswa Universitas Alma Ata KKN-T melakukan kunjungan di sanggar seni untuk menindaklanjuti program kerja prodi sistem informasi mengenai pengembangan website demografi penduduk, pengembangan UMKM Desa Krebet melalui literasi digital dan pengembangan UMKM Desa Krebet melalui sosial media.

Mereka bertemu dan melakukan pembahasan dengan Bapak Agus Jati Kumara selaku pemegang dan penanggung jawab website yang ada di Dusun Krebet.

    Setelah melakukan pembahasan dengan Bapak Agus Jati Kusuma, sorenya mereka berkunjung ke rumah Bapak Kabul selaku penanggung jawab TPA Masjid Sobirin yang ada di Dusun Krebet mengenai program kerja pengabdian masyarakat pendampingan anak-anak TPA.

Malam harinya mereka juga ikut serta dalam pertemuan rutin remaja masjid RT 03 untuk membahas mengenai program kerja bulan ramadhan di rumah Mas Damar.

Sabtu, 3 Februari 2024 

    Pada hari Sabtu tersebut dari pihak Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata melakukan observasi dan melakukan silaturahmi kepada warga Dusun Krebet terkait program kerja yang dibuat.

Minggu, 4 Februari 2024   

      Di hari Minggu ini para Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata ikut serta dalam kegiatan dasawisma di RT 03 yaitu melakukan kegiatan kerja bakti dan bersih-bersih di sekitar Balai Dusun.

Sorenya mereka melanjutkan melakukan observasi di Dusun Krebet terkait program kerja yang kelompok kami buat.

Senin, 5 Februari 2024

    Pada hari Senin, Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata melakukan kunjungan ke TK dan Paud guna untuk membahas jadwal pendampingan pembelajaran anak-anak.           

Setelah melakukan kunjungan di TK dan Paud selanjutnya mereka kembali berkunjung dan bertemu Bapak Agus Jati Kusuma untuk mem-follow up terkait program kerja prodi sistem informasi mengenai pembuatan website dan umkm literasi digital serta sosial media. 

Sorenya mereka juga ikut serta dalam kegiatan senam aerobik bersama ibu - ibu RT 03 dan RT 04.

Selasa, 6 Februari 2024

       Pada hari Selasa pagi, kami sudah melakukan pendampingan belajar untuk anak paud. Di sana mereka bertemu dengan banyak anak paud dan bermain bersama dengan mereka. Mereka melakukan pendampingan sampai jam 10.00 pagi dan tak lupa mereka juga melakukan dokumentasi dengan anak-anak paud.

Setelah melakukan pendampingan belajar di paud Mahasiswa KKN-T juga membantu dalam kegiatan posyandu balita dan puskesmas keliling yang diselenggarakan di balai dusun. Di sana mereka membantu administrasi, pengukuran LiLA (Lingkar lengan), pengukuran LK (Lingkar Kepala), pengukuran tinggi badan dan berat badan, dll.

Pada siang harinya mereka melakukan kunjungan dan bersilaturahmi ke SMP N 3 Pajangan untuk membahas program kerja mengenai pelatihan desain grafis dan penyuluhan bahaya pernikahan usia dini.

Rabu, 7 Februari 2024

    Di hari Rabu sore para Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata ikut serta dalam kegiatan dasawisma di RT 04 yaitu melakukan kegiatan kerja bakti dan bersih-bersih.


 

 Baca dan akses website Warta Pendidikan Jogja - Portal Berita Pendidikan Ter-depan yang menyediakan berbagai informasi dan berita ter-up to date.

Share This :

0 komentar