Artikel

Pagelaran Kethoprak Mataram Perkumpulan Seniman Yogyakarta Di Krebet Sendangsari Pajangan Bantul


Kanit Binmas Polsek Pajangan Iptu Muh. Sugeng dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana bersama Muspika Pajangan menghadiri pagelaran Kethoprak Mataram di rumah Bpk Purwanto Dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Jumat (10/3/2017) jam 20.00 Wib.

Acara diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY dengan kerjasama Anggota DPRD DIY Komisi D Joko Purnomo, LPMD Dusun Krebet Sendangsari, Karang Taruna Sub Unit Krebet dan Pokdarwis Krebet.  Hadir DPRD DIY Komisi D Joko Purnomo, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi., Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Dukuh Krebet Kemiskidi, Ketua Pokgiat LPMD Dusun Krebet Jumidal Sekretaris Pokgiat LPMD Giyanto, Ketua Pokdarwis Krebet Yulianto, Ketua Karang Taruna Sub Unut Tri Hartanto, para Ketua RT Dusun Krebet, Tokoh masyarakat, tamu undangan dan warga masyarakat Krebet serta penonton sejumlah ± 500 orang.

Kethoprak Mataram yang tampil dari Perkumpulan Seniman Yogyakarta pimpinan Bpk. Widayat dan Ibu Marsidah dengan lakon "Kembang Wijaya Kusuma" H. Sapta Sarosa, S. Psi. atas nama panitia dan warga Krebet serta Pringgading menyampaikan selamat datang kepada para tamu pemirsa yang hadir dalam acara ini. Mohon maaf apabila dalam gelar Budaya ini panitia ada kekurangannya. Terima kasih kepada Bpk. Joko purnomo yang menyelenggarakan acara ini juga kepada seluruh warga Krebet, LPMD, Karang Taruna sub Unit Krebet, Pokdarwis dan Ibu-ibu krebet yang membantu terselenggaranya acara ini. Kita jangan sampai lupa dengan Kesenian dan Kebudayaan kita sendiri. Warga Pajangan khususnya Krebet harus senang dengan seni dan Budaya kita. Mari lestarikan Kesenian dan Kebudayaan DIY salah satunya Kethoprak Mataram ini. Sekali lagi selamat menyaksikan Kethoprak yang sudah lama tidak tampil. Pak Widayat, Ibu Marsidah dkk. Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si.dalam sambutannya menyampaikan baru pertama menghadiri undangan di Krebet. Tugas di Pajangan mulai 6 Januari 2017 , saya mohon bantuan dan dukungan untuk masuk di Kec. Pajangan untuk membawa Pajangan lebih baik lagi.

Atas nama Pemerintah Kecamatan menyambut baik apa yang menjadi niat warga masyarakat Krebet dan Pringgading yang didukung oleh DPRD DIY Bpk. Joko Purnomo mengadakan pagelaran seni Kethoprak. Gelar seni Kethoprak harus dapat melestarikan Budaya asli Bangsa Indonesia yang adi luhung. Kethoprak harus dapat diminati dan diteruskan oleh genereasi muda. Mereka harus mensikapi dampak globalisasi. Pada pegelaran nantinya kami harapkan ada pesan-pesan moral yang baik untuk generasi muda. Semoga agenda malam ini menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap Kesenian dan kebudayaan Yogyakarta salah satunya Kethoprak Mataram ini. Saya ucapkan selamat terhadap kepengurusan baru LPMD, Ketua RT, Pokdarwis dan Karang Taruna Sub Unit Krebet semoga dapat memajukan dan mensejahterakan Dusun Krebet, pungkasnya. Bpk. Joko Purnomo Komisi D menyampaikan perkenalanannya agar diterima sebagai warga masyarakat Pringgading dan Krebet. Mari kita wujudkan Kecamatan Pajangan wabil khusus Krebet yang projotamansari, sejahtera, demokratis dan agamis.

Pagelaran Kethoprak ini sebagai ungkapan rasa syukur atas terbentuknya kepengurusan baru Pokgiat LPMD, Ketua RT, Karang Taruna Unit Krebet dan Pokdarwis Krebet. Kita patut berbangga kepada Dukuh, Pokgiat LPMD, RT, Pokdarwis dan Karang Taruna Dusun Krebet yang tahun 2017 ini menjadi juara 1 se Kab. Bantul lomba Dusun Wisata Budaya. Tahun 2017 ini akan maju ke tingkat DIY, mohon doa dan dukung Muspika Pajangan, warga Krebet dan warga Sendangsari untuk maju lomba tingkat DIY, semoga Krebet menjadi juara 1 dan mewakili DIY tingkat Nasional. Tak lupa kepada Desa Sendangsari yang akan turut lomba Desa tingkat Kab. Bantul sekali lagi mari kita dukung untuk menjadi juara dan bermanfaat untuk masyarakatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Desa Wisata Krebet Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.